Memahami Nutrisi & Kalori

Melon cantaloup (foto:istimewa)

APA saja yang sudah Anda konsumsi dalam satu hari ini? Setangkup roti tawar isi untuk sarapan pagi hari, plus sebutir buah apel. Seporsi nasi soto ayam dan salad buah, segelas es teh manis saat rehat makan siang. Dua potong pisang goring tabor keju dan segelas kopi di sore hari. Ups… belum lagi untuk santap malam. Hitung-hitung, sudah berapa banyak ya nutrisi yang masuk ke dalam perut dalam satu hari ini? Nutrisi, kalori, vitamin, lemak, kolesterol, gula, serat, kalsium? Sebelum menyesali di kemudian hari, cobalah mengenali beragam santapan sebelum telanjur meluncur masuk ke dalam mulut.  

Apel
Satu butir buah apel ukuran sedang, menyumbang total 80 kalori, 22 gram karbohidrat, 16 gram gula, dan lima gram serat.

Apokat
Hanya seperlima potong buah apokat, Anda sudah menelan 60 kalori, 45 gram lemak, dan hanya tiga gram serat.

Pisang
Dari satu buah pisang Anda telah mendapatkan 110 kalori, 29 gram karbohidrat, 21 gram gula, empat gram serat, dan sedikit imbuhan vitamin C.

Bluberi
Dalam satu cangkir bluberi, menawarkan 100 kalori, 27 gram karbohidrat, 11 gram gula, 10 gram lemak, dan tiga gram serat, selain vitamin C.

Melon
Dari seperempat bagian buah melon akan menyumbang 50 kalori, 12 gram karbohidrat, dan 10 gram gula. Namun, pada melon jenis cantaloupe, Anda akan menemukan gudang vitamin A, vitamin C, dan sodium.

Buah Cheri
Dalam satu cangkir buah cheri akan memberi total asupan 90 kalori, 22 gram karbohidrat, dan 19 gram gula.

Anggur
Dari satu cangkir bauh anggur, terdapat 90 kalori, 24 gram karbohidrat, 23 gram gula, 10 gram lemak, selain kandungan vitamin C.

Kiwi
2 Butir buah kiwi ukuran sedang terdapat 100 kalori, 24 gram karbohidrat, 16 gram kalori, 10 gram lemak. Namun, dalam buah kiwi kandungan vitamin C-nya mengalahkan jeruk dan buah melon.

Jeruk Nipis
Satu butir jeruk nipis ukuran sedang hanya memberikan sumbangan 20 kalori selain dua gram serat. Namun, dalam buah yang sama terdapat 35 persen vitamin C.

Mangga
Separo buah mangga akan menyumbang 70 kalori, 17 gram karbohidrat, 15 gram gula, dan lima gram lemak.

Peach
Satu buah peach ukuran sedang memberikan 40 kalori, 10 gram karbohidrat, dan sembilan gram gula.

Pear
Sementara dalam satu buah pear ukuran sedang akan memberikan 100 kalori, 25 gram karbohidrat, 17 gram gula, 10 gram lemak, dan 10 gram gula.

Nenas
Dua iris buah nenas menyumbang 60 kalori, 16 gram karbohidrat, 13 gram gula, 10 miligram sodium, dan hanya satu gram serat.

Plum
Dua buah plum ukuran medium menyumbang 80 kalori, 19 gram karbohidrat, 10 gram gula, 10 gram lemak, dan 20 persen vitamin C.

Semangka
80 Kalori disumbang dari sepotong buah semangka, 27 gram karbohidrat, 25 gram gula, dan 10 miligram sodium. ***

Iklan

Tentang trihatma

...KETIKA UJARAN TIDAK LAGI DIDENGAR, MAKA KANAL YANG MENAWARKAN BEGITU BANYAK LABIRIN KATA KATA MENJADI PILIHAN. DI SINILAH SAYA MEMBERI PENANDA, SEBATAS RANGKAIAN KATA KATA, YANG SETIDAKNYA SANGAT BERMAKNA BUAT SAYA, SEMOGA DEMIKIAN DENGAN SEJAWAT DI BELAHAN MANAPUN ANDA BERADA...
Pos ini dipublikasikan di Fitur-fitur Itu, Harian Surya, Jalan Rasa, Racikan Tri..., Saatnya Berbagi... dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s