Sehatnya Nasi Ayam Hainan

Nasi ayam Hainan (www.steamykitchen.com)

MUSIM penghujan seperti saat ini, racikan masakan yang pas dan berkualitas menjadi benteng untuk menangkal serangan penyakit yang mulai dating menghampiri raga yang berstamina nge-drop. Ragam masakan berkuah panas selalu pas untuk menahan serangan hawa dingin. Nasi ayam Hainan ini menjadi salah satunya. Nasi putih punel yang dikukus dengan bumbu bawang putih, begitu sedapnya saat menyentuh lidah.  
Lalu, masih ada ayam rebus yang empuk dan gurih hingga suwiran dagingnya yang terakhir, plus kuah bening dan sambal cocol yang pedasnya sangat mantap. Sungguh pasangan sejiwa yang sulit ditepiskan begitu saja keberadaannya.
Nasi ayam Hainan ini banyak ditemui di rumah makan penyaji khas masakan Oriental China. Tidak ada yang susah jika Anda tertarik meraciknya sendiri sebagai suguhan keluarga. Cukup Anda sabar dan telaten untuk meraciknya.
Mulai dari memilih ayam utuh yang tepat, menanganinya dengan benar, memilih rempah-rempah yang segar, lalu merebus ayam utuh lengkap dengan ragam rempah-rempah yang dijejalkan ke dalam rongga tubuh ayam.

Setelahnya, menyiapkan bumbu untuk menyulapnya menjadi nasi punel berbumbu gurih. Dilanjutnya dengan membuat sambal yang mantap. Selesai dan tinggal menyajikannya, nasi putih, kuah dari kaldu ayam, ayam suwir, dan sambal untuk cocolan. Jika suka, boleh ditambahkan ragam lalapan.***

Nasi Ayam Hainan

Bahan:
1 Ekor ayam organik utuh (1,8 kg), tanpa kepala dan cakar ayam
Garam dapur secukupnya
4 Bagian jahe, iris tipis
2 batang bawang pre, iris kasar
1 sendok teh minyak wijen

Nasi Bumbu:
2 sendok makan minyak sayur
3 siung bawang putih, cincang halus
1 batang jahe, cincang halus
500 gr beras berbulir panjang, cuci bersih lalu rendam dalam air dingin selama 10 menit
2 cangkir kaldu ayam
½ sendok teh minyak wijen
1 sendok teh garam

Sambal Cocol
1 sendok makan air perasan jeruk nipis
2 sendok makan kaldu ayam
2 sendok teh gula putih
4 sendok makan saus cabai botolan
4 siung bawang putih
1 batang jahe
Sejumput garam

Pelengkap
Kecap manis, daun seledri, mentimun

Meraciknya:
1. Bersihkan ayam dari bulu-bulu halus yang masih tersisa dan melekat di tubuh ayam. Gunakan garam dapur yang berbutir kasar dan balurkan ke seluruh tubuh ayam agar sisa-sisa bulu dan bagian kulitnya yang kasar bersih terangkat. Balurkan juga garam ke dalam rongga tubuh ayam agar sisa-sisa jerohan dan bau yang tertinggal terangkat sempurna. Lalu cuci bersih ayam dan keringkan.

2. Siapkan bumbu-bumbu (irisan jahe, irisan daun bawang pre) masukkan ke dalam rongga badan ayam hingga terisi sepenuhnya. Tempatkan ayam dalam panic yang sudah diisi air hingga seluruh tubuh ayam terendam seluruhnya. Jerang di atas api dan biarkan air mendidih, lalu kecilkan api dan masak kembali selama 30 menit atau hingga daging ayam matang sempurna.

3. Gunakan sendok penyaring untuk membuang gumpalan lemak yang mengambang di atas permukaan air, untuk mendapatkan kaldu yang bening.

4. Jika ayam sudah matang, angkat dari kaldunya lalu siram dengan air es atau air dingin, biarkan selama beberapa saat agar proses pematangan ayam bisa dihentikan. Anda akan mendapatkan daging ayam yang empuk namun memiliki kekenyalan yang sempurna dengan tekstur daging yang tetap cantik. Sisihkan ayam hingga saat menyajikan tiba.

5. Kini, saatnya menangani beras. Panaskan dua sendok makan minyak sayur, lalu tumis jahe dan bawang putih yang sudah dihaluskan, hingga berbau harum. Segera masukkan beras yang sudah dicuci bersih. Tumis bersama dengan bumbu selama dua menit. Tambahkan minyak wijen dan sedikit garam, aduk rata sebelum diangkat. Lalu kukus beras berbumbu ini hingga matang sempurna.

6. Jika Anda memakai rice cooker, setelah beras ditumis dan ditambahkan minyak wijen, lalu tuangi dengan dua setengah cangkir kaldu ayam (hasil rebusan ayam), tambahkan sedikit garam. Lalu masak seperti biasanya.

7. Sambil menunggu nasi matang, angkat ayam dari air es, keringkan, lalu olesi tubuh ayam dengan minyak wijen. Iris-iris ayam sesuai selera.

8. Kini saatnya membuat sambal cocol. Campur semua bahan sambal dan haluskan merata. Sisihkan.

9. Saatnya menyajikan nasi ayam Hainan dengan nasi putih punel berbumbu dalam piring saji, tumpangi dengan irisan ayam, semangkuk kuah dari kaldu ayam rebusan, dan irisan mentimun sebagai lalapan. Jangan lupa sambal cocol dan kecap manisnya. ***

Tentang trihatma

...KETIKA UJARAN TIDAK LAGI DIDENGAR, MAKA KANAL YANG MENAWARKAN BEGITU BANYAK LABIRIN KATA KATA MENJADI PILIHAN. DI SINILAH SAYA MEMBERI PENANDA, SEBATAS RANGKAIAN KATA KATA, YANG SETIDAKNYA SANGAT BERMAKNA BUAT SAYA, SEMOGA DEMIKIAN DENGAN SEJAWAT DI BELAHAN MANAPUN ANDA BERADA...
Pos ini dipublikasikan di Harian Surya, Jalan Rasa, Racikan Tri... dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Sehatnya Nasi Ayam Hainan

  1. Orang Aneh berkata:

    ijin co-pas gan 🙂
    http://untukpengetahuan.blogspot.com/

  2. skbfoodbistro berkata:

    saya bisa membayangkan nikmatnya hidangan ini ketika sudah matang dan tersaji diatas piring dan siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. 🙂

Tinggalkan komentar